Tidak bisa dipungkiri, krisis ekonomi berkepanjangan yang terjadi,
dirasakan sulit oleh hampir semua sektor kegiatan usaha. Kondisi ini
menjadi semakin sulit, bila perusahaan harus menanggung risiko yang
mungkin terjadi atas asset penunjang kegiatan. Karena itu sekarang
merupakan saat yang tepat untuk mengalihkan risiko tersebut ke
perusahaan asuransi sebagai penjamin risiko.
Namun memilih asuransi mobil
kadang gampang-gampang susah. Anda sedang mencari dan bingung memilih
asuransi mobil ?, mungkin tips dibawah ini bisa sedikit menjadi
pertimbangan tidak lupa saya lampirkan informasi / penawaran asuransi
mobil untuk dapat ibu/bapak pelajari:
1. Quality
Pastikan terlebih dahulu asuransi yang akan diipilih termasuk katagori
asuransi yang sudah mendapat prediket Best General Insurance,
Indonesian Best Brand Award, Indonsian Customer Satisfaction Award. Karena dengan
sertifikasi ini sudah jelas menunjukan bahwa asuransi tersebut handal,
terpercaya, dan terbukti bertanggung jawab dalam melayani claim
pelanggannya.
2. Biaya Own Risk (Resiko Sendiri)
Kadang-kadang bulak-balik ke bengkel
asuransi juga merupakan sesuatu yang membuat malas pelanggan, apalagi
beberapa asuransi menerapkan sistem claim dengan pembayaran biaya OR
(Own Risk) atau resiko sendirinya yang rata-rata Rp.100.000.- ada yang
berdasarkan per kejadian, per benturan, dan sebagainya tentu hal ini
membuat anda terbebani dengan harus banyak mengeluarkan biaya claim
untuk membayar OR bila sering bulak-balik ke bengkel asuransi yang belum
tentu hasil pekerjaan bengkelnya memuaskan pelanggan karena dikerjakan
oleh bengkel yang ecek-ecek atau non-authorized.
Kadang hasil cat belang
betong membuat image body mobil anda seolah-olah pernah tabrakan
dahsyat tentu ini membuat nilai jual mobil anda merosot. Walaupun
customer bisa complain ke asuransi tersebut, tapi berapa lama kerugian
waktu anda terbuang.
Ada baiknya bagi yang sangat sibuk sekali dan malas
bulak balik ke bengkel asuransi sebaiknya memilih asuransi yang dapat
menerima 1 (satu) kali claim saja tapi kumpulan dari beberapa
benturan/tabrakan dalam waktu kejadian yang berbeda-beda, sehingga
mungkin dalam setahun cukup 1 kali ke bengkel asuransi dan cukup bayar
OR sekali saja body mobil anda mulus kembali karena dikerjakan oleh
bengkel terpercaya atau bengkel resmi (authorized). Hemat dan efesien.
Saat proses klaim ke asuransi sebaiknya dicermati terlebih dahulu, ada
beberapa asuransi mobil yang waktu menerima proses claim pelanggan
berbelit-belit sekali harus ini lah harus itu lah tunggu surveyornya
siap lah, kadang harus berdebat dulu lah saat disurvey.
Belum
kadang-kadang perlu waktu beberapa hari hanya untuk menunggu SPK (Surat
Perintah Kerja) yang dikeluarkan pihak asuransi agar pihak bengkel bisa
memperbaiki mobil kita. Hal-hal seperti ini kadang-kadang pelanggan
merasa disepelekan dan banyak waktu tebuang hanya untuk menunggu secarik
kertas/surat.
Tinggalkan proses seperti ini yang sudah kuno, sebaiknya
pilih asuransi yang tidak rumit saat claim, cepat kurang dari 30 menit
SPK sudah di tangan anda sehingga anda tinggal menenetukan kapan ke
bengkel asuransi.
4. Hasil Kerja
Banyak beberapa asuransi yang menerapkan rate murah meriah, tapi untuk
apa bila hasil kerja bengkel rekanannya sangat tidak bermutu alias
ecek-ecek dan tidak memuaskan pelanggan. Kadang cat mobil anda terlihat
malah belang betong membuat image body mobil anda seolah-olah pernah
tabrakan dahsyat tentu ini membuat nilai jual mobil anda merosot.
Walaupun customer bisa complain ke asuransi tersebut, tapi berapa lama
kerugian waktu anda terbuang. Cermati hal ini dan pilih asuransi dengan
bengkel rekanannya yang terpercaya dan resmi (authorized). Ingat
kendaraan anda adalah asset yang berharga, jangan sepelekan dengan
menggunakan asuransi yang meragukan pelayanannya hanya karena perbedaan
harga premi beberapa rupiah saja
5. Spare Parts (Suku Cadang)
Spare parts adalah bagian yang terpenting di mobil anda, pastikan
asuransi menjamin spare part yang dipakai asli dan bergaransi. Hati-hati
dengan asuransi yang tidak menjamin ini sehingga fatal akibatnya.
6. Tanggung Jawab Pihak Ke-Tiga (TJH / TPL) serta PA (Personal Accident):
Fitur ini semestinya dicermati baik-baik karena saat kejadian kecelakaan
tabrakan contoh menabrak motor kadang - kadang pihak ke-3 malah jauh
lebih berat kerusakannya dari kita.
Disini peran fitur ini dipelukan,
sebaiknya pilih asuransi dengan tanggung jawab pihak ke tiga yang besar
sehingga anda tidak tebebebani biaya extra. Begitu juga dengan fitur
perlindungan kecelakaan diri pengemudi/penumpang hal ini juga sangat
dibutuhkan. Pilih asuransi yang sudah termasuk dengan fitur ini.
Hal ini yang sangat-sangat
penting saat kita memilih asuransi mobil, banyak asuransi mobil yang
hanya mengandalkan dan memberikan rate murah meriah saja tapi pelayanan
perlindungannya sangat tidak memuaskan, pelayanan tidak 24 jam, no
telpon pelayanan sulit dihubungi malah kadang tidak ada yang jawab,
kadang-kadang area perlindungannya juga sangat terbatas sekali kadang
malah hanya area Jabotabek saja.
Keluar dari Jabotabek anda bisa
ketar-ketir bila ada masalah dengan mobil anda seperti mogok di jalan
raya karena ban kempes, perlu derek, kunci ketinggalan di dalam mobil,
kehabisan bahan bakar, dsb.
Tinggalkan kekhawatiran ini, pilih asuransi
dengan kesiagaan 24 jam dan area perlindungannya luas se-Indonesia.
Sehingga bila anda touring ke luar kota yang jauh seperti ke Medan atau
Bali tidak khawatir bila terjadi masalah dengan mobil anda. Fitur ini
perlu dipertimbangkan bagi anda yang senang bepergian jauh (touring).
8. SRCC (Strike, Riot and Civil Commotion - Kerusuhan, Pemogokan dan Huru Hara & Banjir )
Fitur asuransi ini sangat direkomendasikan yang dapat menjamin risiko
akibat adanya gangguan ketertiban umum yang dilakukan oleh sekelompok
orang, serta tindakan pejabat berwenang dalam menindak gangguan
tersebut, baik yang berhubungan dengan pemogokan dan penghalangan
bekerja, dan menanggung kerusuhan sipil yang bemotif politik.
Juga
perluasan asuransi menjamin kerugian yang diakibatkan oleh air yang
melimpah keluar dari batas normal air sungai, danau, rawa, jebolnya
pintu air, jebolnya bendungan, hujan yang terus menerus yang tidak dapat
ditampung oleh saluran air.
Kerusakan karena banjir ini meliputi
kerusakan pada interior, eksterior, panel dashboard, mekanikal,
elektrikal dan kerusakan lainnya atas kendaraan bemotor yang
dipertanggungkan. Pilih asuransi yang sudah termasuk fitur ini.
Pilih asuransi mobil yang pembayaran
preminya flexibel, dapat dilakukan dengan cash, transfer, atau kartu
kredit (Visa / Mastercard). Hal ini mungkin membantu manajemen keuangan
anda.
Marketing Garda Oto ( MGO )
Pusat Informasi Penjualan Asuransi Mobil Garda Oto Rate Terbaru
smulyani@gomitra.com
AAUI LICENSE : 018999.0101
Telegram : Contact @GardaOto