Tidak bisa dipungkiri, krisis ekonomi berkepanjangan yang terjadi, dirasakan sulit oleh hampir semua sektor kegiatan usaha. Kondisi ini menjadi semakin sulit, bila perusahaan harus menanggung risiko yang mungkin terjadi atas asset penunjang kegiatan. Karena itu sekarang merupakan saat yang tepat untuk mengalihkan risiko tersebut ke perusahaan asuransi sebagai penjamin risiko.

Namun memilih asuransi mobil kadang gampang-gampang susah. Anda sedang mencari dan bingung memilih asuransi mobil ?, mungkin tips dibawah ini bisa sedikit menjadi pertimbangan tidak lupa saya lampirkan informasi / penawaran asuransi mobil untuk dapat ibu/bapak pelajari:

1. Quality


Pastikan terlebih dahulu asuransi yang akan diipilih termasuk katagori asuransi yang sudah mendapat prediket Best General Insurance, Indonesian Best Brand Award, Indonsian Customer Satisfaction Award. Karena dengan sertifikasi ini sudah jelas menunjukan bahwa asuransi tersebut handal, terpercaya, dan terbukti bertanggung jawab dalam melayani claim pelanggannya.

2. Biaya Own Risk (Resiko Sendiri)

Kadang-kadang bulak-balik ke bengkel asuransi juga merupakan sesuatu yang membuat malas pelanggan, apalagi beberapa asuransi menerapkan sistem claim dengan pembayaran biaya OR (Own Risk) atau resiko sendirinya yang rata-rata Rp.100.000.- ada yang berdasarkan per kejadian, per benturan, dan sebagainya tentu hal ini membuat anda terbebani dengan harus banyak mengeluarkan biaya claim untuk membayar OR bila sering bulak-balik ke bengkel asuransi yang belum tentu hasil pekerjaan bengkelnya memuaskan pelanggan karena dikerjakan oleh bengkel yang ecek-ecek atau non-authorized.

Kadang hasil cat belang betong membuat image body mobil anda seolah-olah pernah tabrakan dahsyat tentu ini membuat nilai jual mobil anda merosot. Walaupun customer bisa complain ke asuransi tersebut, tapi berapa lama kerugian waktu anda terbuang.

Ada baiknya bagi yang sangat sibuk sekali dan malas bulak balik ke bengkel asuransi sebaiknya memilih asuransi yang dapat menerima 1 (satu) kali claim saja tapi kumpulan dari beberapa benturan/tabrakan dalam waktu kejadian yang berbeda-beda, sehingga mungkin dalam setahun cukup 1 kali ke bengkel asuransi dan cukup bayar OR sekali saja body mobil anda mulus kembali karena dikerjakan oleh bengkel terpercaya atau bengkel resmi (authorized). Hemat dan efesien.

3. Proses Klaim

Saat proses klaim ke asuransi sebaiknya dicermati terlebih dahulu, ada beberapa asuransi mobil yang waktu menerima proses claim pelanggan berbelit-belit sekali harus ini lah harus itu lah tunggu surveyornya siap lah, kadang harus berdebat dulu lah saat disurvey.

Belum kadang-kadang perlu waktu beberapa hari hanya untuk menunggu SPK (Surat Perintah Kerja) yang dikeluarkan pihak asuransi agar pihak bengkel bisa memperbaiki mobil kita. Hal-hal seperti ini kadang-kadang pelanggan merasa disepelekan dan banyak waktu tebuang hanya untuk menunggu secarik kertas/surat.

Tinggalkan proses seperti ini yang sudah kuno, sebaiknya pilih asuransi yang tidak rumit saat claim, cepat kurang dari 30 menit SPK sudah di tangan anda sehingga anda tinggal menenetukan kapan ke bengkel asuransi.

4. Hasil Kerja

Banyak beberapa asuransi yang menerapkan rate murah meriah, tapi untuk apa bila hasil kerja bengkel rekanannya sangat tidak bermutu alias ecek-ecek dan tidak memuaskan pelanggan. Kadang cat mobil anda terlihat malah belang betong membuat image body mobil anda seolah-olah pernah tabrakan dahsyat tentu ini membuat nilai jual mobil anda merosot.

Walaupun customer bisa complain ke asuransi tersebut, tapi berapa lama kerugian waktu anda terbuang. Cermati hal ini dan pilih asuransi dengan bengkel rekanannya yang terpercaya dan resmi (authorized). Ingat kendaraan anda adalah asset yang berharga, jangan sepelekan dengan menggunakan asuransi yang meragukan pelayanannya hanya karena perbedaan harga premi beberapa rupiah saja

5. Spare Parts (Suku Cadang)

Spare parts adalah bagian yang terpenting di mobil anda, pastikan asuransi menjamin spare part yang dipakai asli dan bergaransi. Hati-hati dengan asuransi yang tidak menjamin ini sehingga fatal akibatnya.

6. Tanggung Jawab Pihak Ke-Tiga (TJH / TPL) serta PA (Personal Accident):

Fitur ini semestinya dicermati baik-baik karena saat kejadian kecelakaan tabrakan contoh menabrak motor kadang - kadang pihak ke-3 malah jauh lebih berat kerusakannya dari kita.

Disini peran fitur ini dipelukan, sebaiknya pilih asuransi dengan tanggung jawab pihak ke tiga yang besar sehingga anda tidak tebebebani biaya extra. Begitu juga dengan fitur perlindungan kecelakaan diri pengemudi/penumpang hal ini juga sangat dibutuhkan. Pilih asuransi yang sudah termasuk dengan fitur ini.

7. Layanan Gratis Perlindungan 24 Jam

Hal ini yang sangat-sangat penting saat kita memilih asuransi mobil, banyak asuransi mobil yang hanya mengandalkan dan memberikan rate murah meriah saja tapi pelayanan perlindungannya sangat tidak memuaskan, pelayanan tidak 24 jam, no telpon pelayanan sulit dihubungi malah kadang tidak ada yang jawab, kadang-kadang area perlindungannya juga sangat terbatas sekali kadang malah hanya area Jabotabek saja.

Keluar dari Jabotabek anda bisa ketar-ketir bila ada masalah dengan mobil anda seperti mogok di jalan raya karena ban kempes, perlu derek, kunci ketinggalan di dalam mobil, kehabisan bahan bakar, dsb.

Tinggalkan kekhawatiran ini, pilih asuransi dengan kesiagaan 24 jam dan area perlindungannya luas se-Indonesia. Sehingga bila anda touring ke luar kota yang jauh seperti ke Medan atau Bali tidak khawatir bila terjadi masalah dengan mobil anda. Fitur ini perlu dipertimbangkan bagi anda yang senang bepergian jauh (touring).

8. SRCC (Strike, Riot and Civil Commotion - Kerusuhan, Pemogokan dan Huru Hara & Banjir )

Fitur asuransi ini sangat direkomendasikan yang dapat menjamin risiko akibat adanya gangguan ketertiban umum yang dilakukan oleh sekelompok orang, serta tindakan pejabat berwenang dalam menindak gangguan tersebut, baik yang berhubungan dengan pemogokan dan penghalangan bekerja, dan menanggung kerusuhan sipil yang bemotif politik.

Juga perluasan asuransi menjamin kerugian yang diakibatkan oleh air yang melimpah keluar dari batas normal air sungai, danau, rawa, jebolnya pintu air, jebolnya bendungan, hujan yang terus menerus yang tidak dapat ditampung oleh saluran air.

Kerusakan karena banjir ini meliputi kerusakan pada interior, eksterior, panel dashboard, mekanikal, elektrikal dan kerusakan lainnya atas kendaraan bemotor yang dipertanggungkan. Pilih asuransi yang sudah termasuk fitur ini.

9. Fleksibel Dalam Pembayaran

Pilih asuransi mobil yang pembayaran preminya flexibel, dapat dilakukan dengan cash, transfer, atau kartu kredit (Visa / Mastercard). Hal ini mungkin membantu manajemen keuangan anda. 

Marketing Garda Oto ( MGO )
Pusat Informasi Penjualan Asuransi Mobil Garda Oto Rate Terbaru 


081285954273

smulyani@gomitra.com
AAUI LICENSE : 018999.0101

Telegram : Contact @GardaOto

01 brand
02 brand
03 brand
04 brand
05 brand
06 brand